Kamis, 05 Mei 2016

Tugas Bahasa Indonesia 2 Resensi Novel




BAB I

Judul                            : My Idiot Brother
Penulis                         : Agnes Davonar
Penerbit                       : Inandra Published
Tempat Terbit              : Jalan TPI 2 nomor 6, Jakarta
Tahun Terbit                : November 2011
Halaman Buku             : 267 halaman
ISBN                          : 978-979-18346-8-1


BAB II

    Angel seorang gadis yang cantik tapi selalu malu terhadap Hendra karena kakaknya itu mengalami cacat mental.Semenjak Angel memaski sekolahnya, ia selalu dicaci maki oleh Agnes dan kawan-kawan yang mengetahui keadaan Hendra, Kakaknya sehingga seluruh kelas tau keadaann kakaknya dan ikut menghina dirinya.Aji, seorang murid baru yang tampan, pintar bermain basket (sama dengan Angel) datang ke sekolah.    Aji mulai tertarik dengan Angel karena memiliki hobi yang sama. Sementara Agnes dan teman-temannya merasa tidak terima dan mengancam Angle akan memberi tahu keadaan Hendra kepada Aji.Aji mengundang    Angel ke pesta ulang tahunnya. Angel ingin membelikan hadiah untuk Aji tapi ia tidak mempunyai uang karena ia tidak pernah menabung uang jajannya. Hendra memberikan seluruh uang tabungannya untuk Angel.    Akhirnya Angel membelikan sebuah helm kerem untuk Aji. Saat ulang tahun Aji, Angel lupa membawa hadiahnya. Ia berniat untuk kembali dan mengambil hadiah untuk Aji, tapi Hendra sudah lebih dulu mengantarkannya. Karena malu Aji mengetahui bahwa kakaknya cacat mental, Angel berlari dan akhirnya tertabrak oleh sebuah mobil.Angel dilarikan ke rumah sakit dan kehilangan banyak dara sementara stok kantung darah sudah habis. Hendra mendonorkan darahnya walau itu membahayakan hidupnya. Ia ingat bahwa besok adalah hari ulang tahun adiknya. Ia membuat surat kepada adiknya karena ia tidak mempunyai uang untuk membelikan boneka babi yang biasa dibelinya saat Angel ulang tahun, saat ingin menyimpan surat itu, kepala Hendra terbentur dan tak lama kemudian ia meninggal. Angel menemukan surat dari kakaknya dan menangis.ia menyadari bahwa Hendra adalah segalanya. Hendra mungkin bukan kakak yang sempurna, tapi ia adala kakak terbaik yang diciptakan tuhan untuk ada di sampingya sebagai malaikat yang mencintai dan menyelamatkan hidup Angel.

BAB III

Penokohan
  a) Angel     : cantik, pintar bermain basket, pemarah, tidak sopan, selalu malu terhadap keadaan Hendra, Kakaknya yang mengalami cacat mental.
b)Hendra     : mengalami cacat mental, gendut, baik hati, dermawan, pemaaf,selalu sayang pada adiknya dan rela menyelamatkan hidup adiknya.
c)Ibu Angel  : baik hati, perhatian, penyayang.
d)Agnes       : kurus, tinggi, langsing, suka menghina, pendengki, tidak sopan.
e)Aji            : baik hati, pintar main basket, ramah, bersahabat.

BAB IV

Simpulan
Terkadang kita tidak akan menyadari kehilangan sebelum benar-benar terjadi.seorang kakak mungkin tidak sempurna, tapi ia adala kakak terbaik yang diciptakan tuhan untuk ada di samping kita sebagai malaikat yang mencintai kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar